Selasa, 04 Juni 2013


BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Umum

Pada era yang serba cepat dan praktis ini banyak manusia yang menginginkan sesuatu yang instan dan cepat pula.Sehingga di era ini banyak ditemukan tehnologi – tehnologi yang serba canggih, bahkan tehnologi ini mampu memberikan sesuatu yang tadinya dianggap tidak mungkin untuk dagapai menjadi mungkin dan bahkan saat ini pun tehnologi itu telah  diperjual belikan  secara global.sehingga banyak manusia sekarang menjadi lebih cenderung pasif akan pergerakan tubuh yang mereka lakukan. Mereka lebih aktif untuk berfikir tentang bagaimana cara menjadi manusia yang paling canggih. Sehingga mengakibtkan perkembangan tehnologi yang tidak dapat diduga –duga.

Perkembangan itupun sangat baik untuk dunia perindustrian yang dulunya semua kegiatannya yang dilakukan secara tradisonal dan menggunakan tenaga manusia yang cukup banyak. Sekarang dapat ditekan dengan penggunaan mesin yang modern, bukan manusianya yang bekerja tapi sekarang mesin lah yang mngerjakan semuanya dengan waktu yang rumayan sedikit dapat menghasilka produk dengan jumlah yang lebih banyak, bahkan tenaga manusia pun juga dapat ditekan penggunaanya. Dengan demikian kita selaku generasi muda yang dapat berpikir kritis agar tidak terlindas dengan semua peralata yang canggih yang kita hasilkan sendiri,  agar selalu berusaha untuk mencari inovasi – inovasi yang lebih baru untuk bersaing dalam menjalani semua pekerjaan yang ada

Contoh perkembangan – tehnologi dalam didang perindustrian antara lain penggunaan mesin – mesin dalam pembuatan suatu produk, penggunaan aplikasi – aplikasi tertentu dalam keamanan suatu perusahaan, penggunaan sofware pada bidang accounting dan administrasi seperti zahir, myob, dll. Alasan suatu perusahaan menggunakan tehnologi canggih agar mereka dapat menyimpan data secara aman, efisien, tidak makan tempat yang banyak, dan tidak makan waktu yang terlalu bayak untuk melakukan sebuah perhitungan, dan untuk memudahkan dalam melakukan manipulasi data , dan bahkan mudah untuk melekukan pengecekan data yang telah lama disimpan data itu pun tidak akan hilang termakan oleh waktu.

Sehingga semua tertata rapi dan mudah untuk mengakses bagi sipapun yang akan menggunakan data tersebut.Biasanya suatu data yang penginputanya dilakukan secara manual akan banyak terjadi kesalahan bahkan data tersebut dapat hilang dikarenakan lupa dalam penempatannya. Data yang disimpan dalam suatu tempat akan memakan tempat yang banyak sehigga tidak efisien.Bahkan jika akan mengakses data membutuhkan banyak waktu untuk memilah dan mencari datanya.

Tidak kita sadari betapa pentingnya perkembangn tehnologi yang menunjang kehidupan kita. Bayangkan bila tidak ada tehnologi yang berkembang seperti ini betapa sulitnya untuk melekukan komunikasi dengan orang ataupun keluarga kita yang jauh diseberang pulau.Jika tidak ada tehnologi kita harus membuuhkan waktu yang cukup banyak untuk saling ngobrol bahkan bercanda sperti zaman sekarang ini.

Maka dari itu mari kita selalu berpikir kritis untuk membuat tehnologi yang bisa meringankan semua pekerjaan kita.  



1.2  Maksud dan Tujuan

Dalam pembuatan KKP ini kami barmaksud ntuk menjelas tentang masalah yang ada di PT. Prudential Life Assurance dan membantu mencari cara penyelesaian masalah tersebut dengan berbasis tehnologi agar suatu saat data yang telah di simpan mudah untuk dicari dan di akses kembali.
Tujuan dari pembuatan KKP  ini
1.      Untuk menyelesaikan tugas dari mata kuliah Sistem Informasi akutansi.
2.      Untuk  belajar membuat suatu rancangan sistem yang tepat guna dan efisien.
3.      Untuk menerapkan ilmu yang pernah kami dapat dari semster sebelumnya.
4.      Untuk mengembangkan kemampuan dan cara berfikir kritis dalam menghadapi suatu masalah yang ada di dunia kerja.
5.      Untuk memberikan acuan dalam pebuatan sistem yang berbasis komputerisasi.

1.3  Metode Penelitian
Dalam penulisan KKP ini kami menggunakan beberapa metode penelitian antara lain :
1.      Metode Riset
      Di dalam metode ini kami melakukakn observasi langsung ke suatu perusahaan dan mengamati apa yang mereka lakukan.Serta berusaha untuk mengambil foto sebagai bukti yang nyata dalam sebuah riset.
2.      Metode Wawancara
      Di dalam metode ini kami berusaha untuk meberikan beberapa pertanyaan keeda pihak yang bersangkutan serta mencatat semua informasi yag di berikan oleh nara sumber, sebagai auan dalam nanti dalam pembuatan KKP ini. Agar bukti yang didapatkan konkrit kami tidak hanya mewawancarai seorang nara sumber saja kami berusaha untuk mendapatkan informasi dari beberapa nara sumber yang berbeda.
3.      Metode Daftar Pustaka
      Metode in juga sangat penting untuk pembuatan KKP ini d karenakan dari buku juga dapat menambah pengetahuan bagaimana cara menyikapi suatu masalah dan juga dapat memberikan beberapa referensi tentang teori – teori yang telah ada. Dari buku pun kita juga dapat menemukan contoh kasus yng sama sehingga dapat memberikan solusi penyelesaian yang lebih akurat Dalam meode ini kami berusaha untuk dapat menggabungkan data yang kami dapatkan dari metde riset, metode wawancara serta dapat membuktikan teori yang telah kita baca dengan kejadian yang ada di suatu perusahaan.

1.4  Ruang Lingkup

Dalam pembuatan KKP ini kami berusaha membrikan batasan – batasan masalah agar pembahasan yang dilakukan tidak keluar dari tema yang kami ambil Batasam masalah dari KKP ini kami batasi dari sistem analisa cara investasi unit link yang ada di Prudential. Pembatasan ini berguna untuk pembahasan masalah lebih terperinci dan terpusat dalam satu masalah saja. Dan dapat  berkosentrasi penuh  dalam pembuatan sistem usulanya.

1.5  Sistem Penulisan

Sebelum lebih lanjut membahas masalah tentang sistem analisa investasi unit link, penulis menjelaskan terlebih dahulu garis besar mengenai sistmatika penulisan. Sehingga untuk memudahkan pembaca memahami inti dari setiap baba yang ada.
Dalam penjelasan sistematika penulisan KKP ini dalah :

BAB I  PENDAHULAN
              Dalam bab ini diuraikan tentang masalah umum, maksud dan tujuan penulisan KKP, metode penelitian, ruang lingkup dan sistematika penulisan.


BAB II  LANDASAN TEORI
              Dalam bab ini berisikan tentang uraian dan teori – teori yang mendukung semua masalah – masalah yang penulis bahas yang bersmber dari buku maupun internet yang penulis telah baca.

BAB III  ANALISA SISTEM BERJALAN
              Dalam bab ini berisikan tentang umum yang menguraikan tentang sejarah prusahaan yang kami observasi, struktur organisasi dan fungsi dari setiap bgian organisasi, prosedur sistem berjalan, diagram aliran data (DFD) sistem berjalan, kamus data sistem berjalan, spesifikasi sistem dalam bentuk keluaran. Bab ini juga mengurikan tentang maslah yang ada pada PT Prudential Life Assurance beserta cara penyelasaian masalah tersebut dengan menggunakan sistem usulan.
BAB IV PENUTUP
              Dalam bab ini menjelaskan mengenai bab terakhir yang berisikan kesimpuan dari masalah yang dibahas, dilanjutkan dengan saran – saran untuk dicapainya suatu tujuan akhir  yang baik. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar